Waspada! Ini Bahaya Polusi Udara Bagi Paru-paru Manusia

Polusi udara cukup berbahaya bagi paru-paru dan bisa menimbulkan berbagai penyakit pernapasan. Dilansir dari Metropolis India, beberapa penyakit tersebut di antaranya adalah:

Asma

Asma merupkan penyakit saluran pernapasan yang salah satunya disebabkan oleh polusi udara. Ketika kambuh, penderita asma merasakan batuk, mengi, dan sesak napas. Hal tersebut karena slauran pernapasan menjadi menyempit dan membengkak. Zat polutan, seperti sulfur dioksida, dapat memicu gejala asma jika terhirup.

Bronkitis

Penyakit paru-pari lainnya yang dapat dipicu dari polusi udara adalah bronkitis. Bronkitis terjadi ketika bronki, atau saluran penapasan, menjadi meradang dan teriritasi. Hal ini dapat disebabkan oleh paparan polutan udara seperti asap, debu, atau uap yang mengandung zat-zat kimia, selerti benzena dan nitrogen dioksida. Selain itu, bronkitis juga dapat dipicu olehinfeksi virus. Gejala bronkitis ini meliputi batuk, mengi, sesak napas, dan nyeri dada.

Kanker paru-paru

Kanker paru-paru adalah salah satu penyakit paling umum yang disebabkan oleh polusi udara. Pengidap kanker paru-paru mengalami kondisi di mana sel-sel yang tidak normal tumbuh secara tak terkendali di dalam paru-paru. Kanker disebabkan oleh paparan partikel udara yang bersifat karsinogenik, seperti yang dilepaskan dari pembakaran bahan bakar. Gelaja kanker paru-paru mungkin tidak terlihat pada tahap awal, tetapi dapat mencakup perubahan suara, sesak napas, batuk persisten, nyeri dada, ataupun penurunan berat badan.

Penyakit paru obsturktif kronik (PPOK)

Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) merupakan penyakit paru-paru kronik yang membuat penderitanya sulit bernapas karena penyempitan slauran pernapasan. PPOK disebabkan oleh paparan jangka panjang terhadap partikel berbahaya di udara, seperti asap rokok atau emisi pabrik. Orang dengan PPOK sering mengalami gejala seperti sesak napas, mengi, dan batuk. Dalam kasus parah, PPOK dapat bersifat fatal.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *