Wajib Buka Semua Pakaian, Ini 10 Larangan Nyeleneh Mandi Onsen di Jepang! : Okezone Travel

SEDIKITNYA ada 10 larangan nyeleneh mandi onsen di Jepang. Onsen merupakan sumber air panas alami yang banyak ditemukan di Negeri Sakura. Ini karena Jepang terletak tepat di cincin api pasifik sehingga punya 20.0000 lebih mata air panas.

Mandi onsen atau berendam di mata air panas salah satu yang populer di Jepang sejak dulu. Mandi onsen diyakini baik untuk kesehatan, membuat tubuh terasa lebih rileks, dan pikiran tenang.

Onsen dipercaya memiliki kekuatan mistik dan suci karena kandungan mineral dari mata air panas bumi. Juga diklaim dapat menyembuhkan radang pada persendian dan memurnikan kulit. Konon, onsen adalah tempat bagi dewa-dewa kuno menyembuhkan diri.

 BACA JUGA:

Lalu apa saja larangan saat mandi onsen di Jepang?

10 Larangan Nyeleneh Mandi Onsen di Jepang

 

1. Dilarang Bawa Smartphone

Larangan bawa smartphone atau handphone saat mandi onsen diberlakukan untuk menghindari orang memotret sesama orang yang sedang mandi. Jadi pengunjung wajib menyimpan smarphone pada loker yang telah disediakan saat hendak mandi onsen.

 

Onsen di Jepang

2. Berendam dengan pakaian

Berendam di onsen harus melepas seluruh pakaian. Masyarakat Jepang percaya bahwa pakaian benda yang tidak higenis untuk digunakan saat berendam. Oleh sebab itu jika ingin bersih maksimal, maka harus berendam dengan telanjang.

 BACA JUGA:

3. Ruang Ganti Pria dan Wanita Terpisah

Pintu masuk ruang ganti pria dan wanita saat mandi onsen terpisah. Biasanya ditandai dengan warna tirainya. Tirai merah untuk wanita, sedangkan tirai biru untuk pria.

4. Orang Bertato Dilarang Memasuki Onsen

Orang yang memiliki tato dilarang memasuki onsen. Tato dinilai tidak sopan bagi masyarakat Jepang. Orang bertato sering dikaitkan dengan Yakuza, kelompok mafia tersadis di Jepang


Follow Berita Okezone di Google News


5. Dilarang Langsung Nyemplung

Kalau mau mandi di onsen, maka basuhlah badan dulu. Jika sudah basah dan tubuh sudah menyesuaikan dengan air panas, maka barulah masuk ke kolam untuk berendam.

6. Jangan Telanjang Depan Orang

Sekalipun mandi onsen harus telanjang, tapi Anda tidak harus bugil di depan orang lain. Biasanya ada handuk yang disediakan oleh pengelola onsen, jadi Anda harus menggunakan itu untuk menutupi bagian-bagian vital dari tubuh Anda saat atau sesudah berendam.

 Ilustrasi

7. Larangan Mencelupkan Kepala di Dalam Air

Saat mandi onsen, Anda tidak boleh mencelupkan kepala langsung dalam air. Cara ini dianggap dapat membawa sisa-sisa kotoran dari luar masuk ke air. Jadi cukup merendamkan badan, tangan, leher, dan kaki saja. Jika dirasa perlu membasahi kepala, usapkan saja airnya ke kepala.

8. Jangan masukkan handuk kecil ke dalam onsen

Handuk kecil biasanya disediakan pengelola onsen agar pengunjung bisa membalut rambutnya. Nah, handuk kecil itu tidak boleh dimasukkan ke dalam kolam onsen karena dinilai tidak higenis.

9. Dilarang Berisik di Onsen

Larangan berisik di onsen tentu saja untuk menciptakan suasana yang tenang dan nyaman. Onsen adalah tempat bersantai dan merilekskan pikiran atau mencari ketenangan, maka suasannya tak boleh berisik.

 Ilustrasi

10.Tidak Langsung Menuju Ruang Ganti

Anda tidak boleh langsung menuju ruang ganti ketika selesai berendam di onsen. Pengunjung biasanya akan disugugkan sake atau bir ichiban dulu. Jadi bisa minum itu dulu sembari mengeringkan badan. Setelah badan kering, baru ke ruang ganti.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *