Tinjau Lokananto Usai Revitalisasi, Ganjar dan Gibran Lihat Rekaman Pidato Soekarno : Okezone News

SURAKARTA – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meninjau Lokananta pasca direvitalisasi. Studio rekaman legendaris itu, kini memiliki wajah baru dengan lebih banyak ruang terbuka dan penempatan yang lebih tertata.

Pada kesempatan itu, Ganjar Pranowo didampingi oleh Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka. Kedua kepala daerah ini pun bersama-sama mengunjungi area galeri dan studio di Lokananta.




Di dalam galeri Lokananta ini ada beberapa ruang, seperti galeri linimasa, gamelan, diskografi, bengawansolo, proklamasi, ruang pamer pustaka, Toko Lokananta dan Anekanada.

“Ini sudah digitalisasi semua yaa,” tanya Ganjar saat memasuki ruang diskografi bersama Gibran, Sabtu (12/8/2023).

Beberapa rekaman legendaris yang didigitalisasi antara lain rekaman saat Presiden Soekarno memberikan pidato Manipol Usdek. Adapula seri rakaman album yang dinyanyikan pemenang sayembara Bintang Radio.

Ganjar dan Gibran pun bersama-sama mengunjungi linimasa, salah satu dari 9 ruangan di area tersebut, untuk melihat artefak-artefak perjalanan musik dari tahun 1951 sampai saat ini. Ruangan ini menjelaskan secara detail terkait timeline dan perjalanan Lokananta.

Baca Juga: Dorong Desa Wisata, Pertamina Luncurkan Wajah Baru Balkondes Wringinputih


Follow Berita Okezone di Google News


Wajah baru Lokananta, terbilang sesuai dengan harapan Ganjar yang ingin studio rekaman legendaris itu bisa menjadi creative hub berbasis seni.

“Orang bisa belajar musik di sini lebih banyak, kuliner ada, ruang ekspresi ada. Yang saya harapkan itu setiap hari ada orang bermain musik di sini,” ungkap Ganjar.

“Jadi artinya mereka punya panggung yang bisa kita kelola dengan gampang. Dan bakat-bakat itu akan muncul, dan industri kita akan hidup lagi,” tambahnya.

Ganjar dan Gibran pun turut menyaksikan kiprah masterpiece musik di Lokananta seperti Waldjinah, Buby Chen, Gesang, Titiek Puspa, Bing Slamet, hingga gubahan dalang Ki Narto Sabdo.

“Harapannya ini menjadi destinasi wisata yang baru,” ujar Ganjar.

Sebelumnya meninjau Lokananta, Ganjar sempat menjadi pembicara dalam acara Flexing Lokal Bareng Google dan YouTube yang digelar oleh Google Indonesia di Lokananta, Jalan Laweyan, Surakarta. Acara tersebut turut dihadiri Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *