Tahukah Kamu Mengapa Burung Tidak Kesetrum saat Bertengger di Kabel Listrik? : Okezone Edukasi

JAKARTA- Tahukah kamu mengapa burung tidak kesetrum saat bertengger di kabel listrik menarik diulas. Hal ini dikarenakan perilaku santai para burung di atas kabel listrik tetap menimbulkan pertanyaan.

Karena siapa saja juga tahu kabel listrik memiliki tegangan yang sangat tinggi dan berbahaya bagi makhluk hidup, termasuk manusia dan burung.

Namun, mengapa burung tidak kesetrum saat bertengger di kabel listrik? Berikut penjelasannya.

Melansir dari laman SCE KIDS, burung-burung kecil bisa bertengger di atas kabel listrik dan tidak kesetrum karena mereka tidak menyentuh tanah atau objek ground lainnya. Sehingga aliran listrik tetap berada di salurannya dan burung pun aman.

Sementara itu, laman Sciencing menjelaskan jika listrik bekerja melalui elektron yang mengalir melalui konduktor. Apabila ada burung pada kabel listrik yang tidak tersetrum, berarti burung tersebut bukan penghantar listrik yang baik. Ini berarti burung tidak membiarkan listrik mengalir dari kabel ke tubuhnya sendiri.



Follow Berita Okezone di Google News


Hal ini bisa terjadi karena listrik mengalir dengan resistansi sekecil mungkin. Di dalam saluran listrik, listrik mengalir di sepanjang kabel tembaga. Di mana Tembaga adalah konduktor listrik yang sangat baik karena memungkinkan listrik mengalir dengan mudah di sepanjang permukaannya.

Sedangkan burung terbuat dari sel dan jaringan, sehingga tubuh burung dianggap tidak bisa menghantarkan listrik dengan baik. Listrik pun pada dasarnya mengabaikan burung yang bertengger dan terus melaju di salurannya.

Meski demikian, ketika burung menyentuh kabel listrik dan benda tertentu secara bersamaan dapat menyebabkan mereka tersengat. Hal ini bisa terjadi ketika objek kedua adalah kabel pentanahan listrik atau kabel kedua yang membawa tegangan lain. Perbedaan tegangan inilah yang menyebabkan arus mengalir melalui burung di antara kedua kabel.

Demikian penjelasan kamu mengapa burung tidak kesetrum saat bertengger di kabel listrik.

(RIN)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *