Siapa Pemilik Wismilak, Produsen Rokok yang Gedungnya Disita Polisi : Okezone Economy

JAKARTA – Banyak publik yang bertanya mengenai siapa pemilik Wismilak sebagai buntut dari penggeledahan dan penyitaan Gedung Wismilak oleh kepolisian. Kombes Farman dari Ditreskrimsus Polda Jatim mengatakan hal itu dilakukan terkait adanya dugaan sejumlah tindak pidana.

Ternyata gedung yang berlokasi di Jalan Raya Darmo, Surabaya, tersebut diketahui milik PT Wismilak Inti Makmur Tbk, yakni dari namanya sudah jelas merupakan perusahaan rokok yang memiliki sejarah panjang di Indonesia.

Lalu, siapa pemilik Wismilak? Mengutip dari laman resmi perusahaan tersebut, Jumat (18/8/2023), sejarah PT Wismilak Inti Makmur Tbk dimulai sejak didirikan oleh empat orang berdarah China yakni Lie Koen Lie, Tjioe Ing Hien, Tjioe Ing Hwa, dan Oei Bian Hok pada 1962 silam.


Baca Juga: 7 Keunggulan Mobil Innova Reborn, Wajib Tahu Sebelum Beli!


Follow Berita Okezone di Google News


Pada awal pendiriannya, perusahaan ini bernama PT Gelora Djaja dan berlokasi di Petemon, Surabaya. Seiring berjalannya waktu, perusahaan ini berkembang dengan cukup sukses di tengah kejayaan industri rokok Indonesia.

Lalu pada 1988, terjadi perkembangan karena PT Gelora Djaja mulai memproduksi rokok kretek dengan menggunakan mesin. Dampaknya kesuksesan perusahaan ini terus berlanjut hingga pada tahun 1993 kantor perusahaan ini pindah ke gedung baru yang terletak di Jalan Darmo dan Dr Soetomo, Surabaya.

Puncaknya di tahun 2012 Wismilak melakukan terobosan dengan melakukan penawaran umum perdana saham Perseroan dan berubah menjadi perusahaan publik bernama PT Wismilak Inti Makmur Tbk.

Kode saham perseroan dalam perdagangan efek menggunakan WIIM. Dampak dari kasus gedung tersebut, saham WIIM mengalami tren pelemahan bahkan mencapai posisi harga Rp 1.595/saham pada Selasa (15/8/2023).

Perusahaan tersebut membawahi tiga perusahaan lain, yakni PT Gelora Djaja, PT Galan Gelora Djaja, dan PT Gawih Jaya. Secara struktur organisasi Wismilak, perusahaan tersebut kini dipimpin oleh Indahtati Widjajadi sebagai Komisaris Utama serta Ronald Walla sebagai Direktur Utama.

Kasus Gedung Wismilak

Kasus penyitaan Gedung Wismilak terjadi karena adanya dugaan kasus pidana pemalsuan akta otentik, korupsi, serta tindak pidana pencucian uang (TPPU). Lebih lanjut lagi, pihak kepolisian menjelaskan jika gedung tersebut dulunya merupakan kantor polisi.

Hingga pada 1993 aset tersebut berpindah tangan ke perusahaan Wismilak karena adanya dugaan mafia tanah. Setelah 30 tahun berlalu, Polda Jatim melakukan penggeledahan terhadap gedung tersebut dan kini resmi menyitanya.

Namun dari pihak pengacara Wismilak menyanggah tuduhan tersebut dan mengaku telah membeli gedung tersebut dengan memiliki sertifikat dan bukan kejahatan secara pidana maupun perdata.

Wismilak sendiri telah beroperasi menggunakan gedung itu selama lebih dari 30 tahun. Selama ini gedung tersebut beroperasi tanpa pernah memiliki masalah hukum dalam bentuk apapun atau dengan siapapun.

Itulah pembahasan mengenai siapa pemilik Wismilak, produsen rokok yang gedungnya disita Polisi.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *