Profil Iriana Jokowi, Penerima Bintang Mahaputera Adipradana : Okezone Nasional

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar upacara penganugerahan di Istana Negara, Jakarta, pada hari ini, Senin 14 Agustus 2023. Sebanyak 18 orang mendapatkan tanda kehormatan. 

Salah satu orang yang menerima tanda kehormatan tersebut ialah Iriana Jokowi, Ibu Negara yang juga istri dari Presiden Jokowi. Ia mendapatkan tanda kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana yang diberikan secara langsung Presiden Jokowi.

Profil Iriana 

Iriana lahir di Jawa Tengah pada 1 Oktober 1963. Nama Iriana adalah pemberian dari sang kakek yang saat itu pulang sebagai guru dari Irian Jaya. Iriana merupakan anak dari pasangan Ngadijo dan Sri Soenarni.

Ia menikah dengan Presiden Jokowi pada 24 Desember 1986. Mereka bertemu saat Iriana datang ke rumah Lit Sriyanti yang merupakan adik Jokowi. Dari pernikahannya, Iriana dan Jokowi dianugerahi 3 anak yang bernama Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Iriana lulus dari SMA Negeri 3 Surakarta pada tahun 1983. Dan melanjutkan pendidikan di Universitas Muhammadiyah Surakarta selama enam semester. Ia memutuskan untuk berhenti berkuliah dan akhirnya menikah dengan Jokowi.

Baca Juga: Balkon Fest Gelaran Pesta Rakyat untuk Warga Wringinputih


Follow Berita Okezone di Google News


Ia mengikuti jejak karier Jokowi di pemerintahan dengan menjabat sebagai ketua tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Surakarta pada 2005 sampai 2012. Kemudian, melanjutkan jabatan yang sama untuk Jakarta dari 2012 hingga pengunduran diri Jokowi sebagai gubernur Jakarta pada 2014.

Saat ini, ia berperan sebagai Ibu Negara sejak Jokowi menjabat menjadi Presiden RI pada 2014 hingga sekarang.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *