Pemerintah Belum Berencana Memulangkan Delegasi Peserta Jambore di Korea

Jakarta: Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi telah berkoodinasi dengan Kedutaan Besar RI (KBRI) di Seoul, Korea Selatan, terkait peristiwa yang terjadi selama Jambore Internasional. Pemerintah Indonesia dipastikan belum berencana memulangkan delegasi yang menjadi peserta jambore.
 
“Jadi delegasi kita menurut KBRI Seoul jumlahnya ada sekitar 1.500. Alhamdulillah mayoritas mereka hampir semuanya dalam kondisi baik-baik saja,” ujar Menlu kepada media seusai acara Istana Berkebaya sebagai rangkaian HUT ke-78 RI di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu, 6 Agustus 2023.
 
Sebelumnya dikabarkan ada sejumlah peserta jambore yang harus dilarikan ke rumah sakit karena kondisi cuaca serta tingginya suhu akibat gelombang panas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menlu mengakui para peserta Jambore Internasional harus berhadapan dengan cuaca panas. Namun, berdasarkan laporan yang diterima, delegasi Indonesia dalam kondisi baik.
 
“Memang tantangannya berat sekali terutama dari sisi cuaca karena memang panas sekali, dan dari waktu ke waktu saya terus pantau mereka melalui kedutaan kita di Seoul. Jadi alhamdulillah anak-anak dalam kondisi baik,” tutur dia.
 

Kementerian Luar Negeri, lanjut dia, belum berencana memulangkan delegasi Indonesia yang menjadi peserta jambore. Menlu berharap kondisi cuaca di Korea Selatan membaik, sehingga tidak berdampak pada anak-anak yang menjadi peserta jambore.
 
“Mudah-mudahan kondisi membaik dalam arti cuaca menjadi tidak semakin panas. Tetapi yang patut kita syukuri adalah sebagian besar dari mereka dalam kondisi baik-baik saja,” ujar dia.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(AZF)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *