Meta Wajibkan Karyawan Masuk Tiga Hari Seminggu, Tapi… : Okezone techno

META mewajibkan seluruh karyawannya untuk datang ke kantor minimal tiga hari seminggu. Kebijakan tersebut diatur dalam kebijakan Return to Office (RTO). Jika ada karyawan yang bandel, perusahaan tidak segan-segan untuk memecat mereka. 

Sebelumnya sejumlah perusahaan memang memberlakukan sistem berkerja dari rumah (WFH) sejak pandemi Covid-19 di tahun 2020. Namun setelah memasuki masa endemi, sejumlah perusahaan memang telah kembali menerapkan kewajiban bekerja di kantor (WFO).

Akan tetapi ada juga sebagian kantor yang menerapkan aturan hybrid dimana karyawan tidak full selama satu minggu ke kantor. Karyawan boleh bekerja di kantor tapi waktu kerja mereka lebih fleksibel. 

Meta menjadi salah satu perusahaan yang akan memperbaharui kebijakan tersebut pada alwan Juni lalu. Hasilnya para karyawan ditugaskan untuk kembali bekerja di kantor minimal tiga hari seminggu. Tapi aturan tersebut tidak berlaku untuk karyawan yang telah mendapatkan persetujuan untuk bekerja jarah jauh.

“Jika karyawan gagal untuk mematuhi aturan berulang kali, mereka dapat mengambil tindakan disipliner dan bahkan kehilangan pekerjaan.” tulis kepala HRD Meta, Lori Goler di forum internal Meta.


Follow Berita Okezone di Google News


Lori menyebut jika aturan tersebut sesuai dengan undang-undang setempan dan syarat dari dewan tenaga kerja. Umumnya perusahaan lain, pelanggaran berulang akan dikenakan sanksi disipliner yang bisa berujung pada pemecatan.

Kebijakan tersebut akan mulai diberlakukan Meta pada September 2023. Dampak kebijakan RTO baru pada staf Meta dikomentari beragam.

Sebelumnya langkah serupa juga diambil oleh Zoom. Beda dengan Meta, mereka hanya meminta karyawan untuk datang ke kantor dua kali seminggu.

Mereka yang datang ke kantor hanyalah karyawan yang tempat tinggalnya tidak jauh dari kantor pusat Zoom yang ada di San Jose, California, Amerika Serikat. Karyawan yang jarak rumah dengan kantor hanya 80 kilometer diwajibkan datang ke kantor.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *