Menhub: Bandara Rokot di Mentawai Beroperasi pada 2023 : Okezone Economy

JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan Bandara Rokot di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat beroperasi pada 2023.

Menhub meninjau progres pembangunan bandara tersebut. Ia mengungkapkan bahwa Bandara Rokot sudah selesai dibangun dan sedang menunggu proses penerbitan sertifikat Bandara.

“Kemungkinan bulan depan Presiden akan datang ke sini,” ucap Menhub dalam keterangan resmi yang diterima dikutip Antara Minggu (13/8/2023).

Bandara Rokot Mentawai dibangun untuk menggantikan Bandara lama, yaitu Bandara Rokot Sipora yang sudah tidak memungkinkan dikembangkan lagi karena dibatasi laut lepas.

“Saya menjalankan arahan Presiden Joko Widodo untuk mengawal kegiatan konektivitas khususnya di daerah 3TP (tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan) seperti Mentawai terjaga dengan baik. Tidak hanya selesai membangun infrastrukturnya tetapi memastikannya dapat dimanfaatkan dengan baik. Saya sudah tiga kali datang ke sini dari sebelum dibangun, sedang dibangun, dan sekarang ini, untuk mengawal ini dengan maksimal,” tuturnya.

Baca Juga: Bertabur Hiburan dan Edukasi Keuangan, Pesta Rakyat Simpedes 2023 Siap Menyapa Warga Bandung


Follow Berita Okezone di Google News


Bandara Mentawai yang baru memiliki panjang runway 1.500 x 30 meter sehingga dapat dilandasi pesawat yang lebih besar, yaitu ATR 72-600 berkapasitas maksimal 78 penumpang. Sebelumnya, bandara yang lama hanya bisa dilandasi pesawat Cessna Grand Caravan berkapasitas 12 orang dengan panjang runway 850 x 23 meter.

Dengan kapasitas pesawat yang meningkat dari 12 menjadi 78 orang per sekali penerbangan, Menhub mengharapkan kehadiran bandara baru dapat meningkatkan jumlah pengunjung, khususnya wisatawan untuk datang ke Mentawai.

“Selain daerah terluar, Mentawai juga merupakan daerah tujuan wisata dan terkenal dengan ombak yang diburu para penggemar olahraga surfing (selancar). Jadi, permintaan penerbangan pun cukup tinggi,” ucapnya.

Menhub berharap agar pemerintah daerah setempat dapat membantu memastikan tingkat keterisian pesawat, misalnya dengan menyelenggarakan berbagai event dan melakukan block seat.

“Jika minimal ada 56 orang tiap penerbangan dengan ATR, maskapai akan mau terbang,” ujar Menhub.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *