Mengenal Mansplaining, Memberi Penjelasan yang Terkesan Merendahkan

Mansplaining tidak menyelesaikan masalah, justru membuat situasi lebih buruk dan menjadi tidak terkendali. Daripada membantu, mansplaining lebih terkesan merendahkan. Dilansir dari allprodad.com, mansplaining bersifat tidak sopan, merendahkan, dan bernada menggurui. Mansplaining bisa berdampak buruk terhadap pribadi maupun lingkungan kerja.

Sayangnya, perilaku mansplaining kerap tidak disadari oleh laki-laki yang melakukan perilaku tersebut. Para laki-laki merasa bisa menyelesaikan masalah dengan menjelaskan letak kesalahannya, namun ternyata hanya memperburuk keadaan dengan menjelaskan ulang. Laki-laki yang melakukan mansplaining, biasanya mempercayai bahwa dirinya lebih memahami rasionalitas daripada perempuan dan perempuan tidak bisa terlibat dalam obrolannya.

Mansplaining dapat membuat seorang wanita merasa tidak dihargai, diremehkan, menurunkan rasa kepercayaan diri dan harga diri, hingga menghambat karier perempuan. Perilaku ini biasanya dicirikan dengan mendominasi percakapan, mengabaikan lawan bicara perempuan, berbicara dengan nada atau kata-kata yang merendahkan, memojokkan perempuan, dan menyalahkan perempuan yang menjadi korban pelecehan seksual.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *