Mengenal Latar Belakang Pendidikan 3 Capres 2024 : Okezone Edukasi

JAKARTA – Mengenal latar belakang pendidikan 3 capres 2024. Latar belakang pendidikan 3 capres 2024 tentu menjadi salah satu parameter masyarakat untuk memilih calon presiden (capres) mendatang.

3 capres 2024 di antaranya Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Berikut ini, mengenal latar belakang pendidikan 3 capres 2024 seperti dilansir berbagai sumber, Jakarta, Kamis (3/8/2023):

1. Prabowo Subianto

Lahir dengan memiliki nama lengkap Prabowo Subianto Djojohadikusumo pada 17 Oktober 1951, di Jakarta. Probowo merupakan putra dari pasangan pasangan Prof. Soemitro Djojohadikusumo dan Dora Marie Sigar.

Sebelum terjun ke politik, Prabowo merupakan Danjen Kopassus. Kini Prabowo menjabat sebagai Ketua Umum Gerindra dan Menteri Pertahanan (Menhan) di pemerintahan Presiden Jokowi.

Prabowo mengawali pendidikannya di Sekolah Sumbangsih Jakarta di usia 5 tahun. Dikarenakan pemberontakan PRRI yang terjadi tahun 1957, Prabowo dan sekeluarga memutuskan pindah ke Padang dan pindah lagi ke Singapura.

Melanjutkan sekolah ke British Elementary School Singapura. Tidak berhenti sampai disitu, dikarenakan polemik yang terjadi Prabowo harus Kembali pindah ke Hong Kong.

Di Hong Kong, Prabowo bersekolah di Glenealy Junior School. Setelah dua tahun di Hongkong, Prabowo dan keluarga kemudian hijrah ke Kuala Lumpur, Malaysia. Di negeri Jiran, Prabowo juga menimba ilmu di Victoria Institute.

Pecahnya konfrontasi Indonesia dan Malaysia pada kala itu lantas membuat Prabowo harus pindah ke Swiss dan bersekolah di American International School.

Setelah dari Swiss, Prabowo juga pindah ke Inggris dan tetap melanjutkan pendidikannya di American International School hingga 1968.

Pada tahun 1970, Prabowo memutuskan kembali ke Indonesia dan selanjutnya menimba ilmu di Akademi Militer (Akmil) Magelang hingga lulus pada 1974.

Setelah lulus, berlanjut lagi Prabowo bertugas dengan menjadi komandan di beberapa pasukan termasuk Komandan Peleton di Operasi Tim Nanggala di Timor Timur hingga Komandan Batalyon Infanteri Lintas Udara.

Setelah purna tugas menjadi pasukan militer, Prabowo Subianto sempat menjadi seorang pebisnis ulung sebelum akhirnya terjun ke dunia politik hingga saat ini.

 


Follow Berita Okezone di Google News


 

2. Ganjar Pranowo

 

Memiliki nama asli Ganjar Sungkawa yang lahir pada saat Hari Sumpah Pemuda yakni 28 Oktober tahun 1968.

Orang nomor satu di Jawa Tengah ini mengenyam pendidikan formal pertama kali di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 02 Tawangmangu. Namun, saat memasuki kelas 5 Ganjar terpaksa pindah sekolah ke SD Negeri 1 Kutoarjo.

Ayah Ganjar berprofesi sebagai Polisi sehinga tidak jarang harus berpindah-pindah tugas dinas. Membuat seluruh keluarga besarnya harus pindah rumah ke Purworejo. Sejak saat itu Ganjar Pranowo menghabiskan masa remajanya di Kota Kutoarjo.

Setelah lulus sekolah dasar, Ganjar Pranowo melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kutoarjo. Selain bersekolah, Ganjar bersama kakaknya, Joko juga membantu ibunya berjualan bensin yang telah dikemas dalam botol eceran.

Ganjar juga sempat menimba ilmu di Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 BOPKRI Yogyakarta.

Ketertarikannya pada dunia politik sudah terlihat saat Ganjar Pranowo duduk di bangku SMA.

Ganjar melihat aksi unjuk rasa setelah pulang membeli kaset. Ia juga mendapat banyak wejangan organisasi dan mengikuti banyak perkumpulan pemuda. Kecintaan pada dunia sosial membuatnya melanjutkan pendidikan ke Universitas Gadjah Mada (UGM) Fakultas Hukum.

Saat masa kuliah, Ganjar Pranowo mengikuti organisasi pecinta alam, Mahasiswa Justicia Club (Majestic-55). Ia memimpin klub tersebut hingga tahun 1990.

Karir politiknya yang terus melejit membuat Ganjar Pranowo melanjutkan pendidikan Pascasarjana Ilmu Politik di Universitas Indonesia.

3. Anies Baswedan

 

Pria kelahiran 7 Mei 1967 ini merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta.

Anies menghabiskan masa remajanya di Kota Yogyakarta. Dimulai dari bersekolah di Taman Kanak-kanak Masjid Syuhada, Kota Yogyakarta saat masih berusia lima tahun.

Dilanjutkan dengan memasuki sekolah dasar ke SD Negeri Percobaan 2 Kabupaten Sleman.

Tamat dari SD, Anies menempuh pendidikan di SMP Negeri 5 Yogyakarta dan SMA Negeri 2 Yogyakarta.

Saat masa SMA, Anies terpilih mengikuti program pertukaran pelajar AFS.

Sehingga dirinya menempuh pendidikan SMA selama empat tahun karena harus tinggal setahun di Amerika Serikat.

Lulus SMA, Anies diterima masuk Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada pada 1989.

Tiga tahun seusai lulus tepatnya 1998, Anies melanjutkan studi Master of Public Management di Sekolah Urusan Publik, Universitas Maryland, College Park, Amerika Serikat.

Lalu pada tahun 2004, Anies mengambil pendidikan Doctor of Philosophy bidang Departemen Ilmu Politik di Northern Illinois University, Amerika Serikat.

Anies juga pernah bergerak di bidang akademisi, dan menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina selama delapan tahun, dan menggagas gerakan Indonesia Mengajar.

Demikian seputar informasi mengenal latar belakang pendidikan 3 capres 2024. Semoga bermanfaat.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *