Memiliki Banyak Macam, Kenali Ragam Penyandang Disabilitas

Disabilitas sensorik adalah kondisi yang mempengaruhi salah satu dari lima panca indera, yaitu penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecapan, dan sentuhan. Disabilitas sensorik dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kelahiran, kecelakaan, atau penyakit.

Disabilitas netra adalah kondisi yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk melihat. Orang dengan disabilitas netra memiliki akurasi penglihatan kurang dari 6/60 setelah dikoreksi atau sama sekali tidak memiliki daya penglihatan. Mereka mungkin mengalami kebutaan total atau memiliki penglihatan yang terbatas.

Disabilitas rungu wicara adalah kondisi yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mendengar dan berbicara. Orang dengan disabilitas rungu wicara mungkin mengalami gangguan pendengaran ringan, sedang, atau berat. Mereka mungkin juga mengalami gangguan berbicara, seperti gagap atau aphasia.

Disabilitas sensorik dapat berdampak pada berbagai aspek kehidupan seseorang, termasuk pendidikan, pekerjaan, dan interaksi sosial. Orang dengan disabilitas sensorik mungkin membutuhkan dukungan dan aksesibilitas yang lebih besar untuk dapat menjalani kehidupan yang penuh dan produktif.

 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *