Kapan Olahraga yang Baik untuk Kesehatan? Cek Waktunya : Okezone health

KAPAN olahraga yang baik untuk kesehatan? Pertanyaan ini sering kali muncul di benak orang banyak. Apalagi bagi mereka yang ingin memulai olahraga.

Olahraga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Setiap orang dari segala kalangan dianjurkan untuk berolahraga secara rutin. Namun, masih banyak orang mempertanyakan kapan waktu atau jam olahraga yang baik.

Sebagian orang beranggapan bahwa waktu yang tepat untuk berolahraga adalah pagi hari. Namun, ada juga beranggapan bahwa sore hari adalah waktu yang tepat. Bahkan, sebagian orang suka berolahraga di malam hari atau di waktu senggang.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk berolahraga?

1. Pagi Hari

Bagi mereka yang memiliki jadwal padat, sebaiknya berolahraga di pagi hari. Banyak orang juga beranggapan bahwa waktu terbaik untuk berolahraga adalah di pagi hari. Pasalnya, berolahraga di luar rumah di pagi hari, udaranya masih segar.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari berolahraga di pagi hari, antara lain :

– Meningkatkan energi tubuh.

– Meningkatkan suasana hati sepanjang hari karena otak melepaskan endorfin di pagi hari.

– Meningkatkan metabolisme tubuh untuk meningkatkan jumlah kalori yang dikeluarkan setiap hari.

– Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat karena mereka yang berolahraga di pagi hari cenderung memilih makanan yang lebih sehat di sore dan malam hari.

– Meningkatkan fokus dan produktivitas dengan olahraga pagi.

– Membantu dalam penurunan berat badan dan membantu untuk mengelola kebiasaan makan sepanjang hari.

– Berolahraga d pagi hari dengan perut kosong dapat membantu menurunkan berat badan. Berolahraga dengan perut kosong dapat menurunkan lemak hingga 20 persen dibandingkan dengan berolahraga setelah sarapan. Namun, pastikan kamu sanggup untuk berolahraga tanpa makan terlebih dahulu.

2. Sore Hari

Manfaat dari latihan sore hari juga sangat banyak, antara lain:

– Tubuh berada pada performa puncaknya

Menurut sebuah penelitian, tubuh bekerja paling baik di sore hari. Suhu tubuh meningkat pada waktu tersebut, hingga mencapai puncaknya antara pukul dua hingga enam pagi. Karena dapat meningkatkan efisiensi, disarankan untuk berolahraga pada jam-jam tersebut.

– Meningkatkan kinerja fisik

Waktu optimal untuk berolahraga agar kinerja fisik tubuh meningkat adalah di sore hari. Khususnya pada wanita, karena aktivitas tubuh wanita, seperti fungsi dan kekuatan otot bagian atas, aktivitas enzim, dan daya tahan otot dapat ditingkatkan dengan aktivitas tersebut.

– Mengembalikan fokus dan semangat

Waktu olahraga yang baik di sore hari juga bisa mengembalikan fokus dan semangat, walaupun hanya melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki. Pasalnya, berolahraga di antara pukul 13.00 hingga 16.00 dapat mengubah jam tubuh dengan cara yang sama seperti halnya berolahraga pagi.

– Malam hari

Jika pagi dan sore hari padat, waktu yang ideal untuk berolahraga adalah di sore hari. Namun, berolahraga di malam hari dianggap dapat mengganggu waktu tidur. Sebenarnya hal tersebut tergantung seberapa banyak aktivitas yang dilakukan dan berapa lama jarak tidur dengan olahraga.

3. Berikut beberapa manfaat olahraga malam

Energi yang digunakan lebih ektif

Karena lebih banyak oksigen yang dapat diserap pada malam hari dibandingkan pada pagi hari, penggunaan energi menjadi lebih efisien. Hormon (ghrelin) yang menstimulasi nafsu makan dapat berkurang dengan berolahraga di malam hari sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

– Membuat kualitas tidur membaik

Menurut sebuah penelitian, berolahraga di malam hari dapat meningkatkan konsistensi dan kualitas tidur. Namun, hindari melakukan olahraga secara berlebihan karena dapat meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh yang menyebabkan sulit tidur.


Follow Berita Okezone di Google News


(end)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *