Jet Pribadi Jatuh di Jalan Raya Malaysia Tewaskan 10 Orang, Penyelidik Terus Cari Kotak Hitam : Okezone News

MALAYSIA – Pihak kepolisian Malaysia masih mencari kotak hitam atau ‘black box’ yang bisa mengungkap insiden jet pribadi menabrak sebuah mobil dan sepeda motor di jalan raya di Malaysia dan menewaskan sedikitnya 10 orang.

Penyelidik bekerja untuk menemukan kotak hitam pesawat atau perekam data penerbangan.




“Untuk saat ini kami tidak dapat mengatakan apa penyebab kecelakaan itu karena penyelidikan sedang dilakukan,” terang Menteri Perhubungan Anthony Loke, dikutip BBC.

Seperti diketahui, jet itu meledak menjadi bola api saat terjadi benturan, dengan asap hitam tebal terlihat mengepul dari lokasi, menurut klip video dari tempat kejadian.

Pesawat itu melakukan perjalanan dari pulau resor Langkawi ke Selangor, di sebelah barat ibu kota Kuala Lumpur.

Para pejabat mengatakan pesawat Beechcraft Model 390 telah kehilangan kontak dengan menara pengatur lalu lintas udara sebelum jatuh pada Kamis (17/8/2023).

“Tidak ada panggilan darurat, pesawat telah diberi izin untuk mendarat,” ujar seorang pejabat Hussein Omar Khan.

Kedelapan orang di pesawat tewas bersama dengan dua pengendara di darat.

Baca Juga: Dorong Desa Wisata, Pertamina Luncurkan Wajah Baru Balkondes Wringinputih


Follow Berita Okezone di Google News


Seorang politisi lokal adalah salah satu dari delapan orang yang tewas di dalam pesawat kecil itu ketika jatuh, menurut manifes penerbangannya.

Namun, Loke menolak untuk mengidentifikasi korban jiwa sambil menunggu hasil tes forensik di rumah sakit setempat.

Adapun pilot Shahrul Kamal Roslan, meninggalkan istri dan empat putranya, adalah salah satu korban kecelakaan itu.

Di luar rumah sakit, ibunda Shahrul yang berusia 67 tahun, Mahanum, mengatakan kepada media lokal sambil menangis bahwa ketika terakhir kali mereka berbicara, putranya mengatakan kepadanya: “Aku mencintaimu, mama.”

Otoritas penerbangan sipil Malaysia mengatakan penyelidikan awal menunjukkan pesawat itu telah diizinkan untuk lepas landas dan kedua pilotnya berpengalaman.

Seorang saksi mengatakan kepada Reuters bahwa dia sedang bekerja di lokasi sebagai insinyur ketika dia mendengar ledakan. Dia pergi ke tempat kecelakaan itu terjadi dan melihat orang-orang yang terluka.

Mohamad Syahmie Mohamad Hashim, mantan anggota Angkatan Udara Malaysia, mengatakan kepada AFP bahwa dia melihat pesawat itu terbang tidak menentu.

“Tidak lama kemudian saya mendengar ledakan keras,” katanya. “Saya melesat menuju lokasi dan melihat sisa-sisa pesawat. Saya tidak bisa berbuat apa-apa,” lanjutnya.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *