Ini 5 Manfaat Olahraga Menembak bagi Tubuh, dari Kesehatan Fisik hingga Mental

Olahraga menembak dapat melatih penglihatan. Salah satu fokus utama dalam latihan menembak adalah konsentrasi pada titik pandang depan (front sight), yang merupakan keterampilan motorik halusyang membutuhkan akurasi tinggi. Dalam melakukan latihan menembak, penembak harus secara cermat dan fokus mengarahkan penglihatan pada titik pandang depan untuk mencapai hasil yang akurat.

Pemantauan target juga merupakan aspek penting dalam olahraga menembak. Kemampuan untuk dengan cepat dan efisien melacak perubahan pada target memerlukan kemampuan penglihatan yang baik. Latihan ini dapat membantu melatih mata untuk dengan cepat menilai situasi dan merespons perubahan target dengan akurat.

Selain itu, penggunaan bidikan optik pada beberapa senjata juga membutuhkan akurasi dan fokus visual yang baik. Proses menyelaraskan bidikan optik dengan target melibatkan kerja mata yang koordinatif. Dengan demikian, proses menembak dapat meningkatkan kemampuan penglihatan dalam hal presisi dan fokus.

2. Memacu Adrenalin

Memegang senapan, apalagi menembak bisa menjadi pengalaman yang menantang dan mengangkan. Ketegangan ini dapat memicu raspons “fight or flight” pada tubuh. Suara letusan senjata dan gerakan yang cepat dapat merangsang sistem sensori dan memicu respons refleks, termasuk pelepasan adrenalin.

Dalam hal ini, adrenalin berfungsi sebagai katalisator untuk meningkatkan kewaspadaan, fokus, dan kecepatan reaksi, mendukung peningkatan performa dalam situasi menantang. Tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, adrenalin juga dapat mengirimkan sinyal ke hati untuk mengurai glikogen, elemen yang memberikan otot glukusa, yang mana merupakan sumber bahan bakar utama dalam tubuh. Hal ini juga memberikan sinyal kepada otot polos di tubuh, seperti bronkiolus di paru-paru, untuk rileks sehingga membuat pernapasan menjadi lebih mudah.

3. Melatih Kekuatan Lengan dan Tangan

Sahabat Fimela, tahukah kamu kalau menembak dengan senjata api atau senapan itu memerlukan lengan dan tangan yang kuat serta kokoh? Supaya menembak tepat sasaran, Sahabat Fimela perlu menjaga stabilitas tubuh bagian atas. Sering kali, penembak pemula belum begitu menyadari pentingnya kekuatan otot lengan yang diperlukan untuk menahan senapan dalam posisi yang benar agar menembak dengan efektif.

Sementara itu, penembak yang sudah berpengalaman sering melakukan rutinitas seperti push up atau berenang untuk meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas mereka, termasuk otot lengan dan tangan. Nah, dari sini bisa kita simpulkan bahwa olahraga menembak juga akan melatih kekuatan lengan dan tangan Sahabat Fimela.

 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *