Ikuti 6 Tips Ini agar Tetap Produktif Saat Berpuasa di Bulan Ramadan

4. Hindari Kafein 

Kafein dapat membuat Sahabat Fimela tetap terjaga dan memengaruhi kualitas tidur, menyebabkan kesulitan tidur dan terjaga hingga larut malam. Selain itu, kafein juga dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil, yang dapat mengakibatkan dehidrasi dan membuat Sahabat Fimela merasa haus keesokan paginya. Oleh karena itu, lebih baik bagi Sahabat Fimela untuk memilih minuman yang rendah kafein atau mengonsumsi air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan kualitas tidur yang baik selama bulan puasa.

5. Ambil waktu istirahat

Jika Sahabat Fimela merasa mengantuk atau sulit untuk berkonsentrasi, disarankan untuk mengambil istirahat sejenak. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berjalan-jalan untuk mendapatkan udara segar, yang dapat membantu menghilangkan kantuk dan membuat kembali segar serta siap untuk melanjutkan aktivitas. Selain itu, Sahabat Fimela juga dapat memanfaatkan waktu istirahat untuk bersantai dan menenangkan pikiran, tanpa melakukan aktivitas tertentu.

6. Jaga hidrasi Tubuh 

Terakhir, pantau asupan hidrasi untuk tubuh. Minumlah 8 gelas air selama periode berbuka hingga sahur. Kekurangan hidrasi akan membuat tubuh cenderung lebih lemas dan tidak fokus menjalani hari. Sahabat Fimela bisa menghindari makanan pedas, serta mengurangi penggunaan garam berlebihan dalam masakan karena dapat meningkatkan kebutuhan tubuh akan cairan. Konsumsi buah dan sayur segar, seperti tomat, mentimun, atau semangka, karena kaya akan air dan serat. Selain itu, kurma menjadi pilihan yang baik untuk berbuka puasa karena tidak hanya memberikan energi dan glukosa darah, tetapi juga mengandung tinggi potasium yang membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

 

Penulis: Naela Marcelina 

#Unlocking The Limitless

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *