Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Ingin Menerapkan Diet Tinggi Protein

Nyatanya, tidak semua jenis diet cocok diterapkan semua orang. Protein adalah salah satu dari tiga makronutrien, bersama karbohidrat dan lemak yang baik untuk tubuh. Protein juga dikenal sebagai zat pembangun sebab perannya yang besar dalam memelihara dan mengganti sel-sel atau jaringan tubuh yang rusak. Oleh sebab itu, beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu atau pasca operasi memerlukan protein yang lebih banyak.

Protein berperan dalam menunjang pertumbuhan, pembentukan sistem kekebalan tubuh, hormon, enzim, dan berbagai jaringan tubuh lain. Protein juga dianggap dapat menahan rasa lapar lebih lama. Akan tetapi, segala yang berlebihan tidak baik adanya. Terdapat beberapa dampak yang mungkin bisa ditimbulkan dari diet tinggi protein.

Konsumsi protein yang berlebihan dapat berdampak bagi kesehatan jantung dan kadar kolesterol. Melakukan diet tinggi protein dalam waktu yang lama membuat kerja ginjal lebih berat dan dapat merusak ginjal. Hal ini juga sama pada organ hati sebagai organ metabolisme tubuh. Dalam suatu penelitian juga menemukan bahwa mengonsumsi protein dala waktu yang lama di pertengahan usia, meningkatkan risiko kematian akibat kanker 4 kali lebih besar dibandingkan orang yang mengonsumsi protein rendah.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *