Goyangkan Tubuh, Kenali Manfaat Dance untuk Kesehatan Tubuh

Menurunkan Resiko Penurunan Daya Ingat

Tarian membutuhkan pembelajaran gerakan dan rutinitas, yang dapat membantu merangsang otak. Gerakan-gerakan yang kompleks dan pola yang rumit dapat membantu meningkatkan memori, konsentrasi, dan pemecahan masalah.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menemukan bahwa orang yang menari secara teratur memiliki risiko 76 persen lebih rendah terkena demensia daripada mereka yang tidak menari. Studi ini melibatkan 469 orang yang berusia 75 tahun atau lebih.

Penelitian lain menemukan bahwa menari dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif pada orang dengan demensia ringan.

Berikut adalah beberapa cara spesifik di mana menari dapat bermanfaat bagi fungsi kognitif:

  • Meningkatkan memori: Menari dapat membantu meningkatkan memori jangka pendek dan jangka panjang.
  • Meningkatkan konsentrasi: Menari dapat membantu meningkatkan kemampuan untuk fokus dan mempertahankan fokus.
  • Meningkatkan pemecahan masalah: Menari dapat membantu meningkatkan kemampuan untuk berpikir kreatif dan menyelesaikan masalah.

Menari adalah cara yang menyenangkan dan bermanfaat untuk menjaga fungsi kognitif kamu tetap tajam seiring bertambahnya usia. Ini adalah pilihan yang bagus untuk orang-orang dari segala usia dan tingkat kebugaran.

Baik untuk Memperbaiki Kesehatan Mental

Menari dapat memberikan manfaat psikologis yang signifikan, termasuk mengurangi kecemasan, meningkatkan harga diri, dan meningkatkan kesejahteraan psikologis.

Tarian dapat membantu melepaskan ketegangan dan stres, yang dapat menyebabkan kecemasan. Ini juga dapat membantu meningkatkan rasa kontrol dan kekuatan, yang dapat meningkatkan harga diri. Selain itu, menari dapat membantu meningkatkan koneksi sosial dan perasaan kebersamaan, yang dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis.

Terapi gerakan tari (DMT) adalah jenis terapi yang menggunakan gerakan dan tari untuk membantu orang mengatasi masalah emosional. DMT telah terbukti efektif dalam mengobati depresi, kecemasan, dan gangguan mental lainnya.

Berikut adalah beberapa cara spesifik di mana menari dapat bermanfaat bagi kesehatan psikologis:

  • Mengurangi kecemasan: Menari dapat membantu melepaskan ketegangan dan stres,yang dapat menyebabkan kecemasan.
  • Meningkatkan harga diri: Menari dapat membantu meningkatkan rasa kontrol dan kekuatan, yang dapat meningkatkan harga diri.
  • Meningkatkan kesejahteraan psikologis: Menari dapat membantu meningkatkan koneksi sosial dan perasaan kebersamaan, yang dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis.

 

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *