Deretan Pati TNI yang Bertugas di Basarnas, Salah Satunya Brigjen TNI Widjang Pranjoto : Okezone Nasional

 

JAKARTA – Sejumlah perwira tinggi (pati) TNI aktif mendapat penugasan di Badan SAR Nasional (Basarnas). Basarnas juga dikenal umum sebagai Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP).

Basarnas merupakan lembaga pemerintahan non-kementerian yang melaksanakan tugas di sektor pencarian dan pertolongan. Pada struktur organisasinya, terdapat sejumlah jabatan di Basarnas yang diisi oleh perwira tinggi (pati) TNI.

Okezone merangkum pati TNI yang pernah bertugas di Basarnas. Berikut ulasannya:

1. Marsda TNI Fachrizet

Marsda TNI Fachrizet merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Udara. Saat ini, dia tengah mengemban tugas sebagai Deputi Bidang Sarana dan Prasarana, Sistem Komunikasi Pencarian dan Pertolongan BNPP. Mengutip laman resmi Basarnas, Fachrizet diketahui sebagai alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) 1991.

Melihat perjalanan kariernya, prajurit kelahiran 24 Februari 1969 ini telah banyak menempati posisi strategis lain. Di antaranya seperti Komandan Denma Mabesau (2016), Paban I/Dok Ditdok Kodiklatau, Danlanud Atang Sendjaja (2020-2022), hingga Waasops KSAU (2022).

Setelahnya, barulah Fachrizet ditunjuk sebagai Deputi Bidang Sarana dan Prasarana, Sistem Komunikasi Pencarian dan Pertolongan BNPP.

2. Laksda TNI Ribut Eko Suyatno

Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyatno adalah jebolan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1990. Pria kelahiran 13 Maret 1967 ini tercatat sedang menjabat Deputi Pencarian, Pertolongan dan Kesiapsiagaan BNPP (Basarnas).

Sebelum itu, Ribut Eko Suyatno sempat menjadi Komandan Kopaska Koarmabar (2011-2013). Kemudian, dia juga banyak menyemat posisi strategis lain seperti Danlantamal IV/Tanjungpinang (2017-2019), Stafsus KSAL (2019-2020), hingga Waaspotmar KSAL (2020-2022).

Baca Juga: Balkon Fest Gelaran Pesta Rakyat untuk Warga Wringinputih


Follow Berita Okezone di Google News


3. Brigjen TNI Widjang Pranjoto

Brigjen TNI Widjang Pranjoto lahir di Madiun, Jawa Timur pada 13 November 1965. Dia tercatat sebagai lulusan Akademi Militer (Akmil) 1989. Saat ini, Widjang tengah bertugas menjadi Direktur Sistem Komunikasi Basarnas. Sebelumnya, jenderal bintang satu tersebut juga sempat menjabat Dirhubad periode 2017-2020.

4. Brigjen TNI (Mar) Edy Prakoso

Berikutnya ada nama Brigjen TNI (Mar) Edy Prakoso. Saat ini, dia bertugas sebagai Direktur Operasi dan Latihan Basarnas. Melihat riwayatnya, Edy merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) 1990. Sebelum ditugaskan di Basarnas, dia sempat menjadi Wakil Gubernur AAL sejak tahun 2022.

 BACA JUGA:

5. Marsma TNI Tarjoni

Pada awal tahun 2023 lalu, Marsma TNI Tarjoni ditunjuk untuk menempati jabatan Direktur Bina Tenaga Basarnas. Pati AU bintang satu ini sebelumnya mengisi posisi Danlanud Suryadarma. Tarjoni adalah lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1992. Pada riwayat kariernya, dia juga pernah menyemat jabatan lain seperti Irdaopslat Itjenau (2019) dan Wadirlambangja Puslaiklambangjaau (2021).

6. Marsma TNI Danang Setyabudi

Marsma TNI Danang Setyabudi lahir di Salatiga, Jawa Tengah pada 25 Januari 1971. Dia adalah lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1992. Pada pertengahan tahun 2022 lalu, Danang masuk daftar mutasi TNI dan mendapat jabatan baru. Posisinya adalah Direktur Sarana dan Prasarana Basarnas.

 BACA JUGA:

7. Marsma TNI Roy Romanza Bachtiar

Marsma TNI Roy Romanza Bachtiar adalah Pati AU yang menjabat Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Basarnas. Pada riwayatnya, dia tercatat sebagai alumni AAU 1989.

8. Brigjen TNI I Nyoman Parwata

Berikutnya ada nama Brigjen TNI I Nyoman Parwata. Saat ini, dia bertugas sebagai Inspektur BNPP/Basarnas. Pada riwayatnya, I Nyoman Parwata diketahui sebagai lulusan Akmil 1990. Sebelum menjadi Ir Basarnas, dia juga sempat menjabat sebagai Irut Um Sesko TNI. Itulah deretan nama Perwira Tinggi (Pati) TNI yang bertugas di BNPP/Basarnas.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *