Ciri Seseorang dengan Kecerdasan Emosional Rendah

Meningkatkan kecerdasan emosional memanglah membutuhkan waktu yang tidak cepat.  Meskipun begitu sebaik-baiknya seseorang adalah memiliki kemauan belajar khususnya untuk kendalikan emosi serta meningkatkan kecerdasan emosional. Metode RULER, sebuah akronim yang dibuat oleh psikolog Marc Brackett memberikan cara mudah untuk meningkatkan kecerdasan emosional. Ruler merupakan singkatan dari recognize, understand, label, express, dan regulate. Bagaimana caranya? 

1. Sadari apa yang kamu rasakan dari emosimu 

Daripada kamu mengabaikan emosi yang sedang kamu rasakan baik rasa senang maupun rasa sedih, kamu coba identifikasi saja apa yang kamu rasakan. Misalnya pada sore hari kamu merasakan semangat yang menggebu-gebu sehingga kamu merasa senang akan suatu hal.

2. Pahami apa yang membuatmu menjadi demikian 

Dengan memahami penyebab apa yang membuat kamu rasakan tersebut seperti misalnya kamu merasa senang dan menggebu-gebu karena kamu sedang bahagia karena pekerjaanmu selesai. Ketika kamu memahami penyebab dari emosi yang kamu rasakan kamu  bisa mengeksplor emosi lain yang kamu rasakan.

3. Beri label atas emosi yang kamu rasakan

Setelah kamu memahami emosi dan apa yang kamu rasakan, kamu bisa beri label serta namakan emosi yang kamu rasakan. Jika kamu bosan dengan nama-nama emosi yang begitu saja, kamu bisa riset untuk mencari jenis-jenis emosi lain.

4. Ekspresikan emosimu

Mengekspresikan perasaan tanpa harus bersikap abai atas perasaan yang dirasakan. Tentu saja situasi yang berbeda akan membuatmu mengekspresikan emosi yang berbeda. Mungkin juga ada saatnya ketika kamu mengekspresikan suatu emosi yang kamu rasakan berbeda dari orangtua atau temanmu. Untuk kamu yang memiliki kesulitan untuk mengekspresikan emosi, kamu bisa menggambar ataupun membuat jurnal tentang apa yang kamu rasakan. Selain itu kamu juga bisa menuliskan emosi yang kamu rasakan.

5. Atur emosi 

Setelah kamu mengekspresikan emosimu dengan cara yang tepat, langkah terakhir yang dilakukan adalah mengatur emosimu. Selain mengatur kamu juga harus mengontrol emosimu dengan baik. Mengatur emosi memanglah sulit namun ketika kamu sudah bisa mengatur dan mengolah emosimu, kamu sudah dapat meningkatkan kecerdasan emosionalmu. 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji.

Hashtag: #Timeless 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *