Butuh Keberanian, Jokowi ke Presiden Selanjutnya: Jangan Takut Hilirisasi : Okezone Economy

JAKARTA – Direktur Pemberitaan MNC Group, Prabu Revolusi menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menitipkan pesan penting bagi Presiden Indonesia selanjutnya. Hal ini terkait hilirisasi sumber daya alam (SDA).

Dalam pertemuannya dengan sejumlah Pemimpin edaksi media siang ini, Jokowi mengingatkan soal betapa pentingnya hilirisasi SDA demi kemajuan perekonomian RI. Namun, kata Jokowi, hilirisasi di Indonesia memang bukan hal yang mudah.

Dia mencontohkan, hilirisasi nikel yang mendapatkan perlawanan dari Eropa dan Amerika Serikat (AS).

“Mereka sudah mengajukan banding dan Indonesia kalah. Mereka minta ekspor nikel dibuka, tak boleh ditutup. Maka dari itu butuh keberanian untuk melakukan hilirisasi, karena tekanannya besar dari dunia,” ucap Prabu mengutip ucapan Jokowi dalam Podcast Konspirasi Prabu di Jakarta, Kamis (10/8/2023).

Jokowi bercerita, negara-negara ini terbiasa dilayani bahan mentah Indonesia. Ketika aksesnya mendadak ditutup dan harganya meningkat, tentu mereka merespon dengan amarah karena mereka kewalahan memperolah SDA.

Jokowi menegaskan bahwa hilirisasi ini adalah hal yang wajib ditempuh, supaya RI bisa menjadi negara maju khususnya dalam 10 tahun ke depan.

“Kalau tidak, kita terjebak middle income terus. Perlu breakthrough dan keberanian, ketika ada hilirisasi nikel, tembaga, rumput laut, yang protes akan lebih banyak,” tambahnya.

Baca Juga: Bertabur Hiburan dan Edukasi Keuangan, Pesta Rakyat Simpedes 2023 Siap Menyapa Warga Bandung


Follow Berita Okezone di Google News


Jokowi juga membeberkan bahwa hilirisasi ini berdampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi RI. Nilai tambah berkat hilirisasi bisa menembus 1.000%, misalnya Rp7 triliun ekspor bahkan bisa menembus jadi Rp15 triliun.

“Hilirisasi nikel menjadi salah satunya, hilirisasi tembaga, dan dalam waktu dekat adalah hilirisasi rumput laut. Ini sudah ada proyek mockup atau pilot project di Bali. Hasilnya bagus, mau direplikasi ke daerah pesisir, semoga bisa positif, ada multiplier effect buat masyarakat pesisir,” sambung Prabu mengutip Jokowi.

Jokowi menyebut, jika sampai hilirisasi industri rumput laut berkembang dalam negeri, nilai ekspornya menjadi lebih tinggi. Akan banyak sekali kebutuhan rumput laut dalam negeri seperti farmasi yang disuplai dari dalam dengan harga yang otomatis lebih murah.

“Ini jadi multiplier effect. Rencananya hilirisasi dalam waktu dekat,” pungkasnya.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *