Buah-Buahan yang Bisa Membantu Perawatan Skin Barrier Wajah

Fimela.com, Jakarta Skin barrier, atau yang bisa disebut pelindung kulit, sangat penting bagi kehidupan kita, terutama bagi kesehatan kulit. Dilansir dari Kiehl’s, para peneliti setuju bahwa skin barrier punya tiga peran utama, yaitu melindungi tubuh dari hal-hal buruk di luar, seperti polusi dan sinar matahari yang kuat, menyimpan air supaya kulit dan tubuh tetap lembab, dan membawa nutrisi penting ke kulit. 

Selain itu, skin barrier juga memengaruhi penampilan kulit. Jika skin barrier kuat, skin barrier bisa menyimpan air dengan baik, sehingga membuat kulit kita tetap lembab, halus, dan elastis. Skin barrier yang kuat juga membantu melawan serangan dari lingkungan sekitar, seperti polusi, dan membuat kulit kita lebih tahan terhadap masalah seperti kulit sensitif dan iritasi.

Sebaliknya, jika skin barrier tidak berfungsi dengan baik, kulit menjadi rentan terhadap kerusakan. Kulit bisa kehilangan air lebih banyak, sehingga membuatnya terlihat kusam dan kering. Kita juga jadi lebih sulit melawan agresor berbahaya, seperti radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan perubahan pada kulit, seperti perubahan warna, kekenduran, dan keriput lebih cepat. Para ahli bahkan memperkirakan bahwa pengaruh dari lingkungan bisa menyebabkan hingga 97% penuaan kulit yang terlihat. Jadi, banyak masalah kulit yang sering kita alami bisa terkait dengan skin barrier yang tidak berfungsi dengan baik.

Apa yang bisa membuat skin barrier rusak? Banyak hal yang bisa memengaruhi rusaknya skin barrier. Biasanya, yang menjadi penyebab paling utama rusaknya skin barrier adalah paparan sinar matahari, terlalu sering terkena polusi, dan kebiasaan merokok. Selian itu, skin barrier juga bisa rusak akibat penggunaan produk eksfoliasi yang berlebihan. Faktor gaya hidup, seperti tingkat stres dan seberapa banyak kita tidur, juga turut memainkan peran.

Jadi, kalau ada stres baik dari dalam tubuh atau dari luar yang membuat kulit berubah, kemungkinan besar skin barrier kita juga terpengaruh. Namun, jangan khawatir, Sahabat Fimela masih bisa memperbaiki skin barrier yang rusak, yaitu dengan menggunakan skincare secara rutin dan mengonsumi diet yang sehat. Mengonsumsi makanan sehat ini juga berpengaruh untuk merawat skin barrier, seperti mengonsumsi buah-buahan. Nah, berikut adalah buah-buahan yang bisa membantu merawat skin barrier yang dilansir dari Get Clear App.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *