Benarkah Leher Hitam jadi Pertanda Gejala Diabetes? : Okezone health

BENARKAH leher hitam jadi pertanda gejala diabetes akan diulas dalam artikel ini. Dalam hal ini, kondisi leher hitam atau dikenal dengan istilah acanthosis nigricans kerap menjadi pertanyaan apakah bisa menjadi indikator adanya penyakit diabetes.

Melansir Absolute Health, leher hitam jadi pertanda gejala diabetes berkaitan dengan orang yang memiliki masalah resisten insulin. Kadar insulin tinggi menyebabkan hiperpigmentasi dan merangsang sel-sel kulit mati di belakang leher. Itulah mengapa timbul bercak hitam di belakang leher.

Leher hitam sering ditemukan pada orang yang mengalami obesitas atau menderita diabetes tipe 2. Kondisi ini juga berkaitan dengan masalah medis lainnya seperti penyakit sistem endokrin atau kanker saluran pencernaan.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua orang dengan leher hitam jadi pertanda gejala diabetes. Dan tidak semua orang dengan gejala diabetes akan mengalami leher hitam

Faktor genetik dan gaya hidup memainkan peran penting dalam risiko terkena diabetes bagi seseorang.

Salah satu solusi untuk menguranginya adalah mengontrol pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat, termasuk menurunkan berat badan. Dengan menurunkan berat badan maka kadar gula darah menjadi normal dan kulit akan akan kembali cerah.


Follow Berita Okezone di Google News


Jika warna kulit pada lipatan leher belum kembali normal, cobalah untuk menghubungi medis. Dokter akan memberikan obat untuk menghilangkan acanthosis nigricans. Biasanya obat-obatan ini berupa retinoid topikal atau oral guna mengembalikan warna kulit.

Langkah pencegahan untuk mengatasi leher hitam atau acanthosis nigricans dengan mengadopsi pola makan sehat dengan mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat. Olahraga secara teratur dapat membantu mengelola risiko diabetes.

Terlepas dari apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, diagnosis faktor penting untuk menjadi pertimbangan. Skrining diabetes menjadi upaya untuk mengetahui penyebab lipatan leher menghitam. Dengan begitu dapat menentukan langkah yang tepat untuk menghilangkannya.

Demikian informasi benarkah leher hitam jadi pertanda gejala diabetes.

(RIN)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *