Banyak Makan saat Sedang Stres? Ini 4 Cara untuk Mengatasi Emotional Eating

Fimela.com, Jakarta Lagi stres tapi rasanya ingin makan terus? Bisa jadi hal tersebut merupakan respon dari tubuh terhadap emosi yang sedang kamu rasakan. Mengonsumsi makanan tertentu dapat termasuk ke dalam salah satu coping mechanism untuk menenangkan diri dan mengubah perasaan agar menjadi lebih baik. Akan tetapi, terdapat kondisi yang dinamakan sebagai emotional eating. 

Emotional eating adalah situasi ketika makanan dijadikan sebagai cara untuk menghibur diri dan melampiaskan emosi yang terasa menyakitkan. Saat seseorang sedang merasakan emosi negatif, seperti stres, kesepian, sedih, atau kelelahan, maka solusinya yaitu dengan mengalihkannya pada makanan. 

Banyak pemicu yang akan membuat seseorang merasakan emotional eating. Mengacu pada sebutannya, tentunya kebiasaan ini bisa didorong oleh emosi, tetapi terdapat masalah-masalah dalam kehidupan juga dapat turut andil. Contohnya seperti tekanan pekerjaan, kekhawatiran, masalah kesehatan, dan konflik hubungan. Emotional eating akan berkembang menjadi masalah apabila hal ini sudah terlalu sering untuk dilakukan, apalagi dengan makanan yang tidak sehat. Ingin mengatasinya mulai dari sekarang? Diketahui dari Healthline dan Cleveland Clinic, ikuti tips-tips berikut ini: 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *