Asal Kirim Emoji Hati Merah Bisa Kena Hukuman Dua Tahun Penjara dan Denda Rp99 Juta : Okezone techno

KUWAIT – Emoji dapat menjadi ekspresi dalam bahasa dunia maya. Akan tetapi emoji di tiap negara ternyata bisa memiliki makna yang berbeda. Salah satunya adalah emoji hati merah. 

Jika di Indonesia emoji hati berwarna merah identik dengan cinta, beda halnya dengan Kuwait. Negara Timur Tengah itu menganggap emoji hati berwarna merah sebagai pelecehan kepada wanita.

 

Dikutip dari Gulf News, Minggu (6/8/2023), Kuwait mengikuti langkah Arab Saudi yang lebih dulu menerapkan aturan soal emoji hati merah sejak tahun lalu. Aturan di Arab Saudi menyebut bahwa mengirimkan emoji hati merah di WhatsApp bisa dianggap sebagai bentuk ‘pelecehan’.

Namun demikian aturan akan berlaku jika orang atau korban telah melakukan laporan tuntutan hukuman.

“Gambar dan ekspresi tertentu selama percakapan online dapat menjadi pelecehan jika pihak yang merasa dirugikan mengajukan tuntuan hukum.” kata anggota Asosiasi Anti-Penipuan Digital Arab Saudi, Al Moataz Kutbi.


Follow Berita Okezone di Google News


Di Kuwait sendiri mengirimkan emoji hati merah kepada seorang gadis kini akhirnya dianggap sebagai pelecehan. Menurut pengacara Kuwait, Haya Al Shalahi, emoji tersebut dianggap sebagai kejahatan karena menjadi tawaran prostitusi. 

Tidak tanggung-tanggung, pelaku yang sembarangan mengirim emoji ‘hati merah’ kepada wanita bisa mendapatkan hukuman dua tahun penjara dan denda 2.000 dinar kuwait (sekitar Rp99 juta).

Namun seperti disinggung sebelumnya, hukuman berlaku jika memang penerima pesan merasa keberatan atas penggunaan emoji tersebut. Jika kedua belah pihak tidak ada yang bermasalah, maka hukuman tersebut tidak bisa terapkan.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *