8 Tips Menstimulasi Kemampuan Otak Orang Dewasa

Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan di Brain Sciences menemukan bahwa mendengarkan musik yang disukai mampu melibatkan dan menghubungkan berbagai bagian otak. Mendengarkan musik juga merangsang kreativitas di otak sehingga merangsang pengembangan otak, khususnya dalam konteks kognitif dan emosional.

Rutin aktivitas fisik

Latihan fisik secara teratur tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, tetapi juga otak. Aktivitas ini berkaitan dengan peningkatan daya ingat, koordinasi motor, dan kognisi. Selain aktivitas fisik, makan sehat, cukup tidur, dan menjaga tingkat stres juga penting diperhatikan. Olahraga melepaskan hormon endorfin di otak dan juga terbukti meningkatkan suasana hati, vitalitas, kewaspadaan, dan perasaan sejahtera secara keseluruhan.

Menari

Menari adalah suatu bentuk latihan yang juga dapat melibatkan area otak yang terlibat dalam ritme dan keseimbangan. Mempelajari gerakan tarian yang kompleks juga merupakan tantangan kognitif. Menari dapat dikatakan sebagai gabungan antara mendengarkan musik dengan aktivitas olahraga. Oleh karena itu, aktivitas menari mampu menstimulasi kemampuan otak.

Membaca

Membaca buku atau majalah tidak hanya membuat seseorang terpapar informasi, tetapi juga membantu otak tetap aktif yang berhubungan dengan peningkatan fungsi kognitif. Membaca memicu imajinasi yang menjadikannya salah satu cara efektif untuk melatih otak.

 

Penulis: Maritza Samira.

#BreakingBoundariesDesember

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *