7 Tips yang Harus Dilakukan untuk Dukung Difabel Berkarya di Lingkungan Kerja yang Kondusif

1) Edukasi diri sendiri

Tips pertama dan terpenting adalah edukasikan diri sendiri, kamu bisa mencaritahu lebih kondisi yang dimiliki oleh rekan kerjamu, kamu bisa melakukannya secara online maupun bertanya lagi. Biasanya pertanyaan-pertanyaan yang diberikan kepada mereka akan membuat mereka senang sebab orang-orang di sekitar mereka mulai lebih aware akan kondisi yang dihadapi. Kamu juga bisa belajar dari mereka bahwa dengan keterbatasan yang dimiliki tidak dapat menghambat mereka untuk bekerja. 

 

2) Jelaskan beberapa situasi yang membingungkan mereka

Berbicara kondisi orang-orang difabel atau disabilitas, mereka akan butuh waktu untuk menyesuaikan di lingkungan baru mereka. Kamu akan menyadari mereka akan mengalami kesulitan-kesulitan tertentu seperti menyimpan bekal makan siang atau makan siang di pantry. Kamu dapat membantu untuk menjelaskan pada mereka mengenai situasi dan kondisi yang berlaku di kantor. 

3) Segera laporkan jika ada perudungan lingkungan kerja 

Jika kamu mengetahui adanya tindakan diskriminasi termasuk perudungan pada rekan kerja, segera laporkan kepada atasan termasuk manager dan supervisor. Lingkungan kerja yang baik pastinya mendukung segala aspek pekerja di dalamnya termasuk penyadang disabilitas. 

4) Perhatikan pengucapan dan kata yang kamu gunakan 

Perhatikan penggunaan istilah maupun kalimat yang berkaitan dengan kondisi atau keadaan dari seseorang yang memiliki disabilitas. Misalnya dalam mendeskripsikan seseorang dengan disabilitas, hindari kata-kata yang berkonotasi negatif, contohnya daripada menggunakan kata “buta” lebih baik menggunakan kata “tunanetra”. 

 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *