7 Tips Memulai Pola Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan

Untuk memulai gaya hidup sehat kamu bisa mengubah makananmu menjadi lebih variasi. Kamu bisa menggunakan bahan makanan yang seimbang seperti buah, sayur, dedaunan, kacang, biji-bijian dan gandum utuh. Makanlah setidaknya 5 kali sehari atau 400 gram secara teratur setiap harinya terutama buah dan sayuran segar. Jika kamu bukan tipe vegetarian, kamu bisa menggantinya dengan asam lemak yang ada pada ikan karena omega 3 nya dapat mencegah terjadinya inflamasi dan gangguan jantung. 

Jangan menggunakan garam: Konsumsi garam sehari harusnya tidak lebih dari 1 gram atau 1 sendok teh. Kurangi garam pada saat menyiapkan makanan. Mengurangi kadang garam yang menggunakan sodium ini dapat mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi. 

Batasi konsumsi gula: Konsumsi gula sehari harusnya tidak lebih dari 50 gram atau setara dengan 12 sendok teh per harinya. Kamu bisa mengakalinya dengan menghindari olahan manis seperti snack manis, permen, bahkan olahan minuman dengan pemanis buatan seperti soda. Dengan membatasi konsumsi gula, kamu akan terhindar dari penyakit seperti diabetes, gangguan jantung, struk, hingga kanker. 

2. Selalu ingat untuk minum air sebanyak 8 gelas sehari

Tubuh mengandung air sebanyak 80%. Air juga berfungsi untuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan, mengoptimalkan kinerja otot, serta imun dan menjaga kesehatan kulit. Jika kamu tidak minum air yang cukup kamu akan merasakan dehidrasi, vertigo, pusing, kulit kering, dan imun yang lemah. 

3. Olahraga secara teratur

Setidaknya cobalah untuk berolahraga sebanyak 150 menit per minggu atau 30 menit selama 5 hari per minggu. Meskipun hanya berjalan, jogging, berenang, atau melakukan pilates di rumah, tujuannya tetap menjaga kekuatan fisik. Berolahraga tidak hanya menjaga berat badan yang seimbang dan sehat saja tetapi juga mengurangi risiko gangguan kesehatan karena gaya hidup yang kurang sehat. 

4. Pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup

Siapa yang sering menenguk kopi dan terbiasa melakukan begadang? Ternyata tidur yang tidak cukup juga akan mempengaruhi kinerja sistem imun pada tubuh lho. Maka dari itu pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup sebanyak 7 hingga 9 jam agar dapat menjaga kesehatan fisik dan mentalmu. 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *