7 Makanan yang Baik untuk Jantung, dari Kacang-kacangan hingga Apel : Okezone Lifestyle

JANTUNG merupakan salah satu organ tubuh yang begitu penting. Orang bahkan banyak yang mengalami serangan jantung akibat pola makan.

Untuk itu, kesadaran sejak dini sangat perlu dilakukan. Mulailah dengan mengonsumi makanan sehat yang baik untuk jantung agar dapat meminimalisir kemungkinan besar terjadi risiko seseorang terkena serangan jantung.

Dilansir dari website Kemenkes, Sabtu (12/8/2023), berikut daftar makanan sehat untuk jantung.

1. Kacang-kacangan


Makanan kacang-kacangan terutama kacang merah dapat mencegah terjadinya penyakit jantung karena mengandung senyawa fitnonutrium dan memiliki antioksidan yang tinggi yang dapat berperan dalam pencegahan kerusakan sel sehingga dapat mencegah terjadinya juga penyakit kanker, parkisnon, dan penyakit alzheimer.

2. Biji-bijian

Biji-bijian seperti gandum, beras merah dan jagung merupakan menjadi salah satu sumber karbohidrat yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Hal itu dikarenakan pada makanan tersebut terdapat serat, protein, antioksidan, vitamin B, dan juga minetal yang tinggi.

3. Apel

Apel ternyata juga dipercaya sebagai makanan yang dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Karena buah apel efektif untuk mengurangi kolestrol jahat dalam tubuh sehingga kadar gula darah dalam tubuh juga akan menjadi lebih stabil. Idealnya dalam mengkonsumsi apel dapat dikonsumsi sebanyak 1-2 apel perhari.


4. Bawang putih

Banyak yang tidak menyangka bahwa ternyata bawang putih juga dapat berfungsi sebagai penurun risiko terjadinya darah tinggi yang dimana dapat memicu terjadinya penyakit jantung dan stroke. Selain mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung, dengan membatasi asupan garam dalam tubuh juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

5. Ganti sumber karbohidrat

Bagi penderita yang mempunyai berat badan berlebih bisa mengganti sumber karbohidrat dengan roti, mie, kentang, bihun, biskuit, dan sebagainya.

6. Hindari makanan berlemak

Batasi mengkonsumsi makanan berlemak dan mulai untuk memilih makanan seperti daging tanpa lemak atau ikan segar, ayam, dll.

7. Pilih makanan yang mudah dicerna

Pilih makanan yang mudah dicerna dan tidak merangsang. Dianjurkan untuk tidak menggunakan cabe dan bumbu yang merangsang.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *