7 Cara Memilih Pasangan yang Tepat dalam Islam

Kompatibilitas merupakan kualitas penting yang harus dicari dalam diri calon pasangan muslim, agar bisa terjalin pemahaman yang baik antara Sahabat Fimela dan pasangan, perlu adanya kesamaan dan kecocokan. Ini tidak berarti menikahi seseorang yang memiliki minat, keinginan, dan kesukaan yang sama persis dengan kamu. Sebaliknya, perlu keselarasan dalam rohani, pendidikan, fisik, dan keluarga.

Jika konflik benar-benar muncul, pasti ada dasar untuk menyelesaikannya. Memiliki maksud dan tujuan yang sama, pastikan pasangan dapat tumbuh bersama dan saling meningkatkan. Nabi Muhammad SAW menekankan tentang kecocokan dalam pernikahan dan menyebutkan bahwa lebih baik bagi perempuan beragama yang taat pada hukum dan prinsip, menikah dengan laki-laki seperti dirinya.

 

6. Rasa finansial dan prioritas hidup

Menemukan pasangan yang prioritasnya terkendali sangatlah penting. Ia harus memiliki kepekaan finansial yang baik dan mampu menafkahi rumah tangganya. Ini tidak berarti mencari pasangan yang kaya agar memiliki gaya hidup mewah dan bergantung sepenuhnya. Melainkan berarti menemukan seseorang yang pekerja keras dan memiliki potensi serta kemampuan untuk menafkahi keluarganya.

Tentukan apakah calon pasangan bersedia menjadikan keluarga sebagai prioritas dan menyesuaikan karier serta jadwal sosialnya untuk memenuhi tanggung jawab dan kebutuhan keluarganya. 

7. Pernikahan untuk alasan yang benar

Seseorang harus menikah karena alasan yang benar. Artinya, pernikahan harus dipandang sebagai sarana menyempurnakan separuh agama serta mencapai ketenangan hati dan pikiran. Ini harus tentang memiliki sahabat terbaik, belahan jiwa untuk mengembangkan cinta dan kasih sayang.

Jika Sahabat Fimela berharap untuk menikah karena tekanan keluarga dan masyarakat, alasan keuangan atau sebab lainnya, maka pondasi pernikahan ini akan lemah. Luangkan waktu untuk merenungkan alasan mengapa kamu ingin menikah. Kalau niyyah (niat) benar dan ikhlas, pasti pernikahan akan sejahtera. 

 

Penulis: Miftah DK

#Unlocking The Limitless

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *