5 Tips Belajar Ala Mahasiswa Harvard yang Bantu Optimalkan Proses Belajar

Pastinya kamu pernah mengalami momen di mana ujian dengan materi yang sangat banyak namun kesulitan untuk menyerap semuanya. Banyak yang mengalami hal ini terutama ketika belajar H-1 sebelum ujian. 

Mungkin para pelajar hingga mahasiswa dapat melalui tes dengan maksimal ketika merasa tertekan namun bukan berarti mereka benar-benar memahami materi yang dipelajari, hal ini juga disebutkan dalam artikel American Psychological Association. Sebaiknya kamu buat rencana belajar yang terstruktur agar kamu tidak stres dan pusing ketika harus menyerap banyak materi yang dibutuhkan. 

2. Buat rencana pembelajaran

Memiliki rencana pembelajaran atau study plan dapat membantumu untuk mencapai hal-hal yang ingin kamu capai ketika belajar. Kamu juga lebih siap dan dapat mengikuti roadmap untuk fokus pada materi-materi pembelajaran. Schwab mengatakan prokranasi merupakan kesalahan yang sering dilakukan ketika sudah memasuki perkuliahan. Maka dari itu, ia menyarankan untuk membuat rencana pembelajaran agar tetap terstruktur. 

3. Minta bantuan pada orang lain

Ingat kalau kamu memang butuh bantuan dalam memahami materi kuliah atau pembelajaran, jangan sungkan untuk meminta bantuan pada orang lain. Banyak sekali pelajar hingga mahasiswa yang tidak berani untuk meminta bantuan pada dosen atau pengajar. Dan ini sudah harus ‘diberanikan’. Bahkan, jangan sungkan untuk lebih aktif dan mengidentifikasi bagian materi mana yang memang dirasa membutuhkan bantuan untuk mengajarnya. 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *