5 Penyebab Baterai Ponsel Boros Akibat Penggunaan Beserta Cara Mengatasinya

Jangan gunakan hp saat mengisi daya

Cara menjaga baterai hp agar awet yang kedua adalah dengan tidak menggunakan hp saat sedang melakukan pengisian daya. Menggunakan hp saat mengisi daya memiliki efek buruk pada masa pakai baterai. Saat kamu menggunakan ponsel saat mengisi daya, ponsel cenderung menarik daya langsung dari pengisi daya dan mengurangi jumlah daya yang dialihkan ke baterai.

Selalu gunakan pengisi daya asli

Cara menjaga baterai hp agar awet yang ketiga yakni dengan selalu menggunakan pengisi daya yang asli. Jenis pengisi daya yang kamu gunakan juga berpengaruh pada masa pakai baterai. Pengisi daya terbaik untuk digunakan adalah yang disertakan saat pertama kali membeli ponsel. Namun jika sudah tampak bermasalah, pastikan kamu membeli charger asli yang sesuai dengan ponsel agar baterai ponsel lebih awet.

Setiap telepon dibuat untuk mengisi daya pada arus tertentu, dan ketika kamu mencoba menggunakan pengisi daya dengan kapasitas yang lebih tinggi atau lebih rendah akan berdampak buruk pada baterai. Beberapa bahkan mungkin tidak dapat digunakan untuk mengisi daya hp.

Mode daya rendah

Cara menjaga baterai hp agar awet yang keempat yaitu dengan menggunakan mode daya rendah pada ponsel. Mode daya rendah, atau juga dikenal sebagai Battery saver di Android, dapat membantu kamu menghemat banyak baterai dengan membatasi beberapa fungsi ponsel seperti membatasi jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang, menonaktifkan getaran, mengurangi kecerahan layar, dan lain-lain.

Jika kamu perlu menggunakan ponsel untuk waktu yang lama, aktifkan mode Battery saver ini untuk memotong beberapa fungsi ponsel dengan imbalan masa pakai baterai yang lebih baik sehingga ponsel bisa bertahan lebih lama.

Hindari aplikasi yang tidak perlu

Cara menjaga baterai hp agar awet yang kelima yakni dengan menghindari pemasangan aplikasi yang tidak perlu. Penyimpanan ponsel kita mungkin memang cukup besar untuk menampung banyak aplikasi. Namun, menyimpan aplikasi yang tidak perlu di hp hanya akan membuat penggunaan CPU dan daya yang lebih banyak.

Turunkan tingkat kecerahan layar

Dari setiap aplikasi atau proses lain yang berjalan di ponsel, layar lebih mempengaruhi masa pakai baterai. Oleh karena itu, untuk memperpanjang masa pakai baterai di ponsel, kurangi tingkat kecerahan di sebagian besar kondisi.

kamu juga dapat mengaktifkan Adaptive Brightness pada ponsel untuk membantu menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan jumlah cahaya di lingkungan. Ini membantu menghemat masa pakai baterai dan juga menghemat tekanan karena menyesuaikan secara manual sepanjang waktu.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *