5 Mitos Masa Subur Wanita Sebelum dan Setelah Haid : Okezone health

DERETAN 5 mitos masa subur wanita sebelum dan setelah haid menarik Anda ketahui. Pasalnya, beberapa wanita masih percaya terhadap mitos yang dianggap fakta sehingga memberikan informasi salah.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (2/8/2023) berikut 5 mitos masa subur wanita sebelum dan setelah haid.

1. Siklus Menstruasi

Mitos siklus menstruasi selalu 28 hari dan berovulasi pada hari ke-14 sering disalahpahami oleh wanita.

Laman Clearblue menjelaskan, jika rata-rata siklus menstruasi atau haid seorang wanita berlangsung selama 28 hari. Hampir 50% wanita memiliki panjang siklus yang bervariasi, yakni selama 7 hari atau lebih.


Follow Berita Okezone di Google News


Sedangkan hanya 14% wanita yang memiliki siklus menstruasi 28 hari dan benar-benar berovulasi pada hari ke-14. Ovulasi berkisar dari hari ke-11 hingga ke-20.

Sehingga pernyataan di atas bisa dibilang mitos karena setiap perempuan memiliki perhitungannya sendiri.

2. Nyeri Haid Pengaruhi Kesuburan

Nyeri haid dalam dunia medis disebut dengan dismenore. Kram atau nyeri pada perut selama haid ini terjadi karena aktivitas umum prostaglandin. Dismenore pada wanita dibagi menjadi dua yakni primer dan sekunder.

Jika nyeri haid masih dalam tahap normal atau primer, maka tidak akan mempengaruhi kesuburan. Jika nyeri haid berada di jenis sekunder, bisa jadi terdapat gangguan pada sistem reproduksi wanita.

3. Mitos Tidak Bisa Hamil saat Haid

Walaupun kemungkinannya cukup kecil, namun bukan tidak mungkin seorang wanita bisa hamil saat haid. Hal ini terjadi karena ketika seseorang melakukan hubungan seksual beberapa hari sebelum atau selama ovulasi (masa subur), sperma masih bisa tetap hidup di dalam rahim selama lima hari. Jadi masih ada kemungkinan sperma membuahi sel telur.

4. Mitos Semua Sel Telur Matang

Setelah selesai haid, wanita berada di masa subur atau ovulasi yang setiap periodenya selalu menghasilkan jutaan sel telur. Namun faktanya hanya sekira 300-500 sel telur saja yang matang.

5. Mitos Kesuburuan Wanita Menurun 35 Tahun

Faktanya, penurunan masa subur wanita terjadi pada akhir 20 tahunan hingga awal 30 tahunan. Namun akan lebih cepat terjadi pada usia 35 tahunan.

Meski demikian, wanita sehat berusia 30 tahun masih memiliki peluang untuk hamil sebanyak 20 persen. Peluang hamil akan mulai menurun menjadi 5 persen pada usia 40 tahunan.

Demikian 5 mitos masa subur wanita sebelum dan setelah Haid.

(RIN)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *