5 Manfaat Rawon untuk Kesehatan : Okezone Lifestyle

BERAGAM manfaat rawon untuk kesehatan tubuh yang bisa dicoba. Apalagi makanan asal Jawa Timur dinobatkan sebagai sup terenak di dunia versi Taste Atlas. Ini menjadi makanan kesekian asli Tanah Air yang kelezatannya diakui oleh dunia.

Adapun isian rawon ini memiliki beragam manfaat. Salah satunya olahan dari daging sapi lalu kluwek atau kepayang yang memberikan warna kuah hitam pekat, serta taoge.

Ternyata kandungan daging sapi, taoge, dan kluwek ini memiliki beragam manfaat kesehatan tubuh.

Berikut manfaat rawon untuk kesehatan tubuh yang merupakan olahan daging sapi, taoge, dan kluwek dilansir dari berbagai sumber:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Daging sapi membantu menghasilkan otot tanpa lemak yang jauh lebih serta memiliki beberapa keunggulan bergizi, di antaranya mengandung lebih banyak zat besi dan seng. Zat-zat ini sangat penting untuk sistem kekebalan dan perkembangan otak.


2. Membentuk Otot

Rawon yang berisikan daging sapi berguna untuk mengoptimalkan fungsi otot. Protein sangat penting untuk kesehatan otot. Ini membangun kembali jaringan otot yang secara alami hilang dalam keausan kehidupan sehari-hari.

Protein juga membantu membangun lebih banyak otot dan sangat membantu jika melakukan latihan kekuatan. Satu porsi daging sapi memasok jumlah protein harian yang direkomendasikan, membantu mencegah hilangnya massa otot.

3. Kesehatan Pencernaan

Salah satu isian dari rawon adalah taoge yang memiliki kandungan vitamin C, zat besi, dan zink. Berdasarkan kandungan nutrisi tersebut sejumlah ahli meyakini bahwa zat gizi yang terkandung cukup mudah untuk dicerna oleh tubuh.

Hal inilah yang kemudian menjadikan sayuran ini sebagai pilihan makanan saat seseorang tengah mengalami masalah pencernaan. Selain itu, kandungan enzimnya juga dapat melancarkan proses metabolisme.

4. Menjaga Kebugaran Tubuh

Sayuran ini juga memiliki sejumlah kandungan vitamin lainnya, termasuk vitamin A. Seluruh kandungan ini tentunya penting untuk membuat tubuh lebih bugar dan segar. Selain vitamin A, manfaat kebugaran ini juga dapat kamu peroleh dari beberapa enzim yang terkandung dalam taoge.

5. Meredakan Gejala Penyakit Kulit

Bagi Anda yang terkena penyakit kulit, coba manfaatkan kluwek. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Diah Irawati Dwi Arini dari Balai Penelitian Kehutanan Manado, manfaat kluwek bisa digunakan untuk terapi tambahan pada penyakit kusta, dan beberapa penyakit kulit lainnya.

Ini karena biji kluwek mengandung dua jenis asam lemak siklik, yaitu asam hidnokarpat dan asam khaulmograt. Dua jenis asam lemak ini memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengatasi berbagai penyakit kulit, terutama yang disebabkan oleh infeksi.

(RIN)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *