5 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan, Salah Satunya Membantu Mengobati Kanker : Okezone health

SELAMA ini manfaat daun Afrika untuk kesehatan ternyata masih belum banyak diketahui oleh masyarakat. Daun Afrika yaitu sebuah tanaman herbal Afrika yang diklaim sebagai tanaman yang mempunyai beragam manfaat kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengobati masalah pencernaan yang diakibatkan oleh infeksi parasit.

Daun Afrika memang masih jarang ditemui di wilayah Indonesia. Namun, siapa yang tidak menyangka bahwa tanaman ini tidak kalah berkhasiat dengan tanaman-tanaman obat lainnya yang ada di Indonesia.

Daun yang mempunyai nama latin Vernonia Amygdalina merupakan tanaman semak yang mempunyai kadar antioksidan cukup tinggi. Berikut manfaat yang terkandung dalam daun Afrika.

 BACA JUGA:

1. Mencegah sakit jantung

Daun Afrika mengandung asam linolenat (Omega 3) dan asam linoleat (Omega 6) yang sangat penting bagi tubuh, tetapi tidak diproduksi di dalam tubuh. Berdasarkan studi American Journal of Clinical Nutrition, asupan omega-3 dan omega-6 dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Selain itu studi lainnya pada tahun 2009 ditemukan dalam jurnal Current Pharmaceutical Design melaporkan bahwa kedua asam lemak ini telah terbukti melindungi dari penyakit jantung koroner, serangan jantung mendadak, gagal jantung, gangguan pembekuan darah, mengurangi Risiko aterosklerosis, dan anti-inflamasi (untuk melawan cedera, iritasi atau infeksi).

Dengan kata lain, asam lemak Omega 3 yang terdapat pada daun tersebut dipercaya mampu mengendalikan rematik dan memberikan perlindungan terhadap penyakit neurodegeneratif.

2. Membantu pengobatan kanker 

Ekstrak daun Afrika dipercaya mampu menurunkan kadar estrogen berlebih dalam darah yang terkait dengan peningkatan risiko kanker payudara. Itu sebabnya daun Afrika dapat dipercaya membantu mengurangi risiko kanker payudara.

 BACA JUGA:

3. Menurukan gula darah

Tidak hanya menghambat sel kanker, dari beberapa riset daun Afrika juga dapat memelihara fungsi pankreas dalam menghasilkan insulin dan menjaga efektivitas kinerja hormon, sehingga menjadikan daun tersebut mempunyai efek yang baik untuk mencegah terjadinya resistensi insulin dan penyakit diabetes tipe 2.


Follow Berita Okezone di Google News


4. Meredakan gejala demam malaria

Daun Afrika bisa meredakan gejala demam pada malaria, bahkan dalam uji klinis di Afrika, jus daun Afrika segar terbukti 67% efektif dalam menghilangkan demam ringan dan malaria.

5. Menurunkan kolestrol

Berbagai kandungan yang terdapat pada daun Afrika membuat penderita kolestrol dapat mengurangi pembentukan kolestrol jahat dalam tubuhnya. Karena dalam daun Afrika meningkatkan kadar kolestrol yang baik, sehingga hal tersebut dapat mengurangi kolestrol dalam tubuh.

Dibalik daun Afrika yang kaya akan manfaat, akan tetapi belum ada penelitian yang menunjukkan mengenai manfaat daun Afrika untuk menurunkan kolesterol pada manusia. Untuk itu sebaiknya apabila ingin mengkonsumsi daun tersebut alangkah baiknya di konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter mengenai manfaat daun Afrika dan kondisi kesehatan yang sedang dialami.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *