4 Manfaat Meditasi bagi Kecerdasan Otak, Bisa Meningkatkan IQ dan Daya Ingat

Bagi Sahabat Fimela yang susah fokus, sebaiknya mulailah untuk melakukan meditasi. Meditasi terbukti dapat meningkatkan konsentrasi otak. Studi neurologis menunjukkan bahwa meditasi dapat memengaruhi struktur otak yang terlibat dalam regulasi perhatian dan pemrosesan informasi, yang mana dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi.

Dilansir dari Forbes, praktik meditasi meliputi  latihan fokus pada objek, suara, atau pernapasan. 

Hal ini membantu melatih pikiran untuk tetap berkonsentrasi pada satu hal tanpa terpengaruh oleh distraksi eksternal atau pemikiran yang lain.

Selain itu, meditasi memungkinkan seseorang untuk lebih sadar akan pikiran dan perasaan mereka. Dengan memahami dan menerima pemikiran tanpa menilai, Sahabat Fimela dapat mengembangkan kontrol lebih besar atas perhatianmu. Nah, hal ini berkontribusi pada peningkatan konsentrasi dan kemampuan untuk tetap fokus pada tugas atau aktivitas yang sedang dilakukan.

Meditasi Membantu Menjaga Kesehatan Otak Saat Tua

Meditasi terbukti dapat menjaga kesehatan otak di masa tua. Dilansir dari Forbes, dalam studi UCLA, praktik meditasi yang dilakukan dengan teratur dapat meningkatkan volume materi abu-abu di seluruh otak. Materi abu-abu adalah bagian otak yang berperan penting dalam pengolahan informasi dan kognisi.

Meditasi dapat mengurangi dampak penuaan pada otak dengan meredakan stres. Tingkat stres yang tinggi dapat merusak struktur otak dan memengaruhi kesehatan mental. Meditasi membantu menurunkan tingkat hormon stres seperti kortisol, yang mana dapat melindungi otak dari dampak negatif stres.

Selain itu, meditasi dapat meningkatkan koneksi otak dan meningkatkan fungsi eksekutif. Praktik ini terlibat dalam memelihara kemampuan berpikir, mengambil keputusan, dan mengatasi tugas-tugas kompleks, yang semuanya berkontribusi pada kesehatan otak yang baik seiring bertambahnya usia.

 

Penulis: Denisa Aulia

#BreakingBoundaries 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *