4 Alasan Akuntan menjadi Profesi Idaman Gen Z di Sektor Keuangan

ICAEW menyorot masih sedikitnya jumlah akuntan profesional yang memiliki kualifikasi profesi di Indonesia. Namun dari data survei yang dilaksanakan ICAEW pada kuartal ketiga 2023 yang melibatkan 248 responden Gen Z dari berbagai demografi yang berbeda di Indonesia, menemukan fakta menarik terkait minat para mahasiswa dari perguruan Indonesia akan sektor keuangan dan akuntan profesional, di antaranya:

1. Prospek karier jadi kunci utama peminat profesi sektor keuangan terus meningkat

Minat generasi muda Indonesia untuk membangun karier di bidang keuangan atau akuntansi didorong oleh beberapa faktor, yaitu kesesuaian jurusan pendidikan dengan sektor keuangan dan akuntansi, prospek karier yang menarik dan menjanjikan, anggapan bahwa menjadi akuntan memiliki keuntungan yang besar, serta jenjang karier yang jelas dan stabil.

2. Jejak karier sebagai akuntan profesional paling menjanjikan

Dari hasil survei, akuntan profesional menjadi pilihan yang mendominasi dengan jumlah persentase sebesar 32,3 persen, dan disusul pada posisi kedua yaitu lembaga perbankan swasta. Setelah ditelusuri, alasan utamanya adalah karena adanya prospek pengembangan karier dan pengalaman yang pasti. Gen Z melihat potensi perkembangan karier yang kuat dalam sektor ini.

Diperlukan setidaknya tiga keterampilan untuk dapat sukses dalam profesi akuntan, yaitu kemampuan analisis, berpikir kritis, dan kemampuan berkomunikasi. Dengan melihat jenjang karier dan keterampilan yang dibutuhkan, muncul harapan untuk mendapatkan income hingga puluhan juta sebagai sumber penghasilannya jika bekerja sebagai akuntan.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *