3 Kota Ramah Disabilitas di Indonesia, Ciptakan Aksesibilitas bagi Semua Orang

Dilansir dari surakarta.go.id, sejak tahun 2017, Kota Solo telah menetapkan standar baru sebagai kota yang peduli terhadap penyandang disabilitas. Berbagai upaya dilakukan untuk menyediakan fasilitas publik yang ramah disabilitas seperti pemasangan guiding block di sepanjang jalanan kota dan tempat umum, penyediaan area parkir khusus, jalur miring di halte, serta fasilitas ramah difabel lainnya yang menjadi bukti nyata Solo dalam mewujudkan kota inklusif.

Tidak hanya itu, kota ini juga menjadi pusat pelatihan bagi atlet-atlet disabilitas yang menegaskan posisinya sebagai model kota ramah difabel di Indonesia. dengan langkah-langkah progresif tersebut, Solo tidak hanya menjadi contoh bagi kota-kota di Indonesia, tetapi juga menegaskan komitmennya untuk menciptakan lingkungan yang inklusif dan menghargai hak setiap individu, tanpa terkecuali.

2. Kota Yogyakarta

Yogyakarta sebagai salah satu destinasi budaya di Indonesia, telah menunjukkan komitmennya yang kuat menjadi kota ramah disabilitas. Langkah-langkah inovatif dan progresif telah dilakukan untuk memastikan bahwa Yogyakarta menciptakan lingkungan yang nyaman bagi semua warganya, termasuk yang memiliki kebutuhan khusus.

Selain peningkatan aksesibilitas fisik sebagai kota ramah disabilitas, Yogyakarta juga secara akti mempromosikan terkait kegiatan dan program-program pemberdayaan disabilitas, seperti halnya memperingati Hari Internasional Penyandang Disabilitas. Kegiatan ini diperingati setiap taunnya dengan harapan akan meningkatkan kesadaran tentang isu kecacatan, hak-hak fundamental penyandang disabilitas.

Dilansir dari warta.jogjakarta.go.id, berbagai kegiatan dilakukan antara lain senam bersama, jalan sehat, penampilan karya penyandang disabilitas, hingga pemberian bantuan seperti alat bantu dengar, kursi roda, wolker kaki empat, peralatan montir, penyangga kaki, serta sepatu.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *